Fakta dan Data Perang Korea


Lama gak update. mosting lagi. .

Perang Korea kembali berkecamuk, setelah dua negara Korea Selatan dan Korea Utara terlibat saling tembak di pulau Yeonpyeong, di Korea Selatan.

Kedua negara mengaku saling diserang terlebih dahulu. Sampai sekarang perang masih berlangsung. Lantas, bagaimana dengan kekuatan militer masing-masing negara.

Sebagai gambaran, berikut ini tim WartaNews.com menyajikan data perbandingan kekuatan militer kedua negara:

JUMLAH TENTARA

- Korea Utara memiliki 1,19 juta tentara aktif, dan lebih dari 7,7 juta personil cadangan. Korut adalah salah satu negara di dunia yang memiliki populasi militer terbesar dengan populasi penduduknya yang berjumlah 23,4 juta orang.

- Korea Selatan memiliki 687.000 tentara aktif, dan sekitar 4,5 juta pasukan cadangan. Mereka diperkuat oleh 28.000 tentara AS yang ditempatkan di bagian selatan Korea.

SENJATA KONVENSIONAL

- Korea Utara memiliki 4.100 tank dan lebih dari 2.500 personel lapis baja. Banyak peralatan militer beratnya berasal dari era Uni Soviet dan membutuhkan modernisasi. Tank T-54, merupakan tank tempur utama Korea Utara, dan secara bertahap oleh negara-negara lainnya yang juga menggunakan tank tersebut, telah dipensiunkan sejak tahun 1970-an.

- Korea Utara juga memiliki lebih dari 17.900 artileri, termasuk 4.400 berdaya gerak sendiri, serta 2.500 peluncur roket dan 7.500 unit mortir.

- Korea Selatan memiliki 2.750 tank tempur utama dan 2.780 personel lapis baja. Korsel memiliki 10.470 artileri termasuk 1.089 berdaya gerak sendiri dan 3.500 berdaya manual. Korea Selatan juga memiliki 185 peluncur roket.

- Korea Utara memiliki 620 pesawat MIG tua buatan era Soviet dan secara umum telah usang dan tidak cocok untuk pertempuran modern. Korea Selatan memiliki sekitar 490 pesawat tempur tipe modern.

- Korea Utara diyakini memiliki armada kapal selam yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya serta 71 unit kapal perang. Sedangkan Korsel 140 kapal perang.

- Korea Utara sangat membatasi pasokan bahan bakarnya, dan sangat bergantung pada China untuk minyak mentah dan bensin.

RUDAL

- Korea Utara memiliki lebih dari 800 rudal balistik dan lebih dari 1.000 rudal dengan berbagai jangkauan. Korut telah menjual misil dan teknologinya ke luar negeri, dengan Iran sebagai pembeli utamanya. Korea Selatan dibatasi dalam membangun rudal bawah perjanjian dengan Amerika Serikat, tetapi baru-baru ini telah menempatkan sejumlah rudal baru jarak jauh dengan jangkauan 1.500 km yang bisa menghantam seluruh wilayah Korea Utara dan juga sasaran di Cina dan Rusia.

SENJATA NUKLIR

- Korea Utara diyakini telah memproduksi sekitar 50 kg plutonium, yang dikatakan para ahli akan cukup untuk membuat enam sampai delapan senjata nuklir. Penampakan Satelit baru-baru ini melaporkan lebih dari 1.000 sentrifugal di kompleks nuklir utamanya, yang memungkinkan Korut untuk menciptakan senjata nuklir.

- Korea Selatan, sebuah negara maju yang memiliki PLTN namun tidak memiliki program senjata nuklir, meskipun Washington telah menjanjikan perlindungan di bawah "payung nuklir" AS.

PASUKAN AS DI KOREA SELATAN

- Divisi Infanteri Ke-2 dipersenjatai dengan 140 unit tank tempur M1A1 Abram, 170 unit panser M2 Bradley Fighting, peluncur roket, misil taktis serta sistem pertahanan rudal Patriot. Angkatan Udara AS mengoperasikan pesawat tempur F-16, pesawat penyerang daratan dan tiga unit pesawat pengintai U-2.

0 komentar:

Posting Komentar

google translate

Blog Statistic

free counters

Labels

Followers

Blog Archive

Entri Terpopuler

About Me

Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Saya sekolah di SMPN 1 Ponorogo dan saya sekarang kelaz 8 Alamat rumah saya di Jln Anjani No 20 a Pakunden Ponorogo